Home » » Aturan Konsumsi Jus Buah dan Sayuran Pada Anak

Aturan Konsumsi Jus Buah dan Sayuran Pada Anak

Ketika pertama kali memperkenalkan jus atau minuman sehat dari buah dan sayuran pada anak, hal pertama yang mesti diperhatikan ialah usia mereka. Sebenarnya tidak ada aturan tertulis saat memberikan jus pada anak-anak, tetapi anda mesti menyadari bahwa sistem pencernaa dalam perut mereka masih sensitif.
Jus buah dan sayuran ialah minuman sehat terbaik bagi anak-anak.

Mengapa Demikian?

Jus sehat kaya akan nutrisi, mineral dan vitamin penting dalam mendukung pertumbuhan serta perkembangan sang buah hati. Hasil riset para peneliti ahli, anak-anak yang mengkonsumsi jus seger secara teratur mempunyai resiko terserang penyakit lebih kecil daripada mereka yang enggan mengkonsumsi minuman buah atau jus tersebut.

Ada kabar yang booming dikalangan masyarakat, minum jus membuat anak menjadi gemuk.

Nyatanya, jus segar mengandung gula buah alami yang disebut dengan fruktosa. Jenis gula yang terkandung dalam buah-buahan ataupun sayuran ini mudah diserap dan dicerna oleh tubuh.

Semakin banyak para ahli penelitian dan studi yang menegaskan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi jus dan menjadi gemuk.

Anak-anak yang rutin minum jus segar juga cenderung lebih menyukai makanan buah-buahan dan sayuran. Baca juga: Manfaat Jus Untuk Merangsang Kecerdasan Otak Anak

Intinya, mereka sudah belajar pola makan sehat dari usia muda dan akan tertanam sampai dewasa nanti. Hal ini berkat dasar yang kokoh yang sudah anda berikan melalui segelas jus buah segar.

Berikut ini Merupakan Beberapa Dianatara Aturan Memberikan jus sehat pada anak-anak

  • Beberapa resep jus bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Hindari memberikan jus sebelum waktu makan karena dapat mengakibatkan anak tidak mau menghabiskan makanannya.
  • Jangan menganggap jus buah dapat menggantikan makanan pokok (nasi dan lauk). Jadikan jus sebagai pendamping makanan anak agar asupan zat gizi dan nutrisi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembangnya bisa terpenuhi.
  • Beberapa anak mungkin suka minum jus buah karena rasa manisnya. Meskipun secara umum jus buah baik untuk kesehatan anak, atur lah pemberian jus dan selalu ingat bahwa moderasi adalah yang terbaik.
  • Untuk memperoleh manfaat sehat dari jus secara maksimal, buatlah resep-resep yang beragam. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kebosanan atau kejenuhan anak meminum jus sehat.
  • Libatkan anak dalam proses pembuatan jus agar ia lebih antusias menikmati segelas jus sehat yang anda buat bersama. Berikan nama yang unik pada setiap resep jus agar ia lebih mudah mengingatnya.
  • Jus buah mengandung gula dan asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Untuk mengatasinya, berikan segelas air putih dan akan lebih baik lagi jika menyuruhnya berkumur. Tujuannya untuk membilas kelebihan gula dalam mulut anak.
  • Waktu terbaik untuk memberikan jus pada anak adalah pagi hari, bersama dengan sarapan. Meminum jus dengan makanan akan memperlambat penyerapannya sehingga menghindari fluktuasi energi (perubahan tingkat energi). Karbohidrat kompleks dalam jus juga akan memberikan asupan energi selama berjam-jam di pagi hari ketika ia paling aktif.
  • Ketika pertama kali memberikan jus pada anak usia di bawah 12 tahun, usahakan mencampur sari buah dengan air putih matang (perbandingan 1:1). Jus terkonsentrasi (sari buah murni) mungkin saja tidak bisa diterima dengan baik oleh sistem pencernaan anak pada awalnya.
  • Selanjutnya, amati perilaku anak setelah meminum jus pertama kali. Apakah ia merasa mual, mengalami diare atau keluhan lainnya. Jika iya, perhatikan jenis bahan buah atau sayuran apa yang dipakai, atau mungkin jumlahnya terlalu banyak dan tidak diterima dengan baik oleh perutnya. Kurangi jumlahnya atau hindari bahan tersebut jika tetap menimbulkan masalah setelah anak meminumnya.
  • Khusus untuk jus sayuran seperti brokoli, selada air, kale, bayam dan jus buah bit sebaiknya diberikan dalam jumlah bertahap dan dicampur bahan buah yang familiar dengan lidah anak.
  • Ajari anak untuk meminum jus dalam gelas, jangan minum langsung dari botol. Meminum jus dalam botol atau kaleng akan membasuh gigi dengan gula dalam waktu lebih lama. Efeknya, gigi anak akan mudah berkarat, muncul karies dan mungkin berlubang.

Catatan:

Anak adalah karunia terbesar untuk orang tua. Memperhatikan kesehatan dan tumbuh kembangnya berjalan optimal menjadi tanggung jawab setiap orang tua. Jus sehat dari buah-buahan dan sayuran menjadi sumber nutrisi, mineral, serta vitamin yang sangat dibutuhkan oleh semua anak.

0 komentar:

Posting Komentar

WASPADAI TOKO ONLINE LAIN YANG MENJUAL PRODUK SEJENIS DENGAN HARGA MURAH, BISA DIPASTIKAN BARANG TERSEBUT PALSU/OPLOSAN.
DEPKES P-IRT No: 109321601291-1229
Harga Tersegel 155.000 isi 300ml
Alamat Kantor
Alamat : Jl. Cikunten Indah No. 35 Rt.05 Rw.12 Kel. Sambongjaya Kec. Mangkubumi Tasikmalaya Jawabarat (46181)



Layanan Konsultasi
  • PIN BB : 295F9371
  • Telepon : 0265-339207
  • SMS & Tlp : 085223944949 / 085316695777
Layanan Pemesanan

Cara Pemesanan Via SMS

Ketik :
OPTG : Jumlah Pesanan : Nama Anda : Alamat Lengkap : No.Hp / No.Tlpn

Kirim Ke 085.223.944.949

 Contoh:

OPTG: 4 Botol : Fandi Hermansyah : Jl. Perintis Kemerdekaan No.215 Blok A Rt 007 Rw 011 Kel. Sambong jaya Kec. Bale Endah Kota Bandung Jawa Barat : Hp. 085.366.965.****

Format OPTG dan alamat lengkap wajib dicantumkan untuk mempermudah proses pengiriman.

Pembayaran Produk Setelah Barang Di Terima Maksimal 3 Hari

Kirim Barang Terlebih dahulu Berlaku Untuk Setiap Pemasanan 1-2 botol


Transfer Pembayaran Ke No Rekening Berikut

    Bank BCA
No. Rekening : 054-0606-196
    Atas Nama : Aryanto


    Bank BRI 

No. Rekening : 0100-01-054862-50-5
    Atas Nama: Aryanto


    Bank Mandiri
    No. Rekening : 131-00-0994255-0
    Atas Nama : Aryanto


    Bank BNI
    No.Rekening : 0226098704
    Atas Nama : Aryanto


    Bank CIMB Niaga
    No. Rekening : 439-01-01029-11-8
    Atas Nama : Aryanto

Barang Sampai Baru Bayar

Pengadilan 

Di ingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi : PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999 Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Testimoni / Kesaksian Konsumen

Diberdayakan oleh Blogger.